Selasa 23 Feb 2016 11:43 WIB

Dukung Rio Haryanto, Pertamina Yakin Branding Ikut Naik

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya
Rio Haryanto dan Dirut Pertamina Dwi Soecipto.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Rio Haryanto dan Dirut Pertamina Dwi Soecipto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) optimistis dukungan perusahaan kepada pembalap Formula 1 (F1) Rio Haryanto akan ikut mendongkrak brand awareness terhadap Pertamina. VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menjelaskan, pihaknya telah melakukan kajian mendalam terkait efek dari segi branding atas dukungan perusahaan kepada Rio.

Salah satu dampak yang terasa, lanjut Wianda, branding Pertamina terus naik setelah dukungan diberikan kepada Rio sejak 2010 lalu.

"Karena, menurut kami, ini kan hal baru untuk Indonesia. Kita enggak pernah punya pemuda Indonesia yang masuk F1. Segala sesuatu yang baru harus dijelaskan. Kalau dari sisi pemasaran, jelas sejak 2010 sampai sekarang brand awareness itu meningkat kalau skala likert itu dari 4,2 sampai 4,9 kemarin 2015," kata Wianda, Senin (22/2).

Tak hanya itu, Pertamina merilis angka corporate index perusahaan juga meningkat setiap tahunnya. Awareness atas merek Pertamina juga melonjak menjadi 90 hingga 95,3.

Ia menegaskan, Pertamina tidak akan mengeluarkan dana sebesar itu tanpa adanya keyakinan atas dukungan yang diberikan.

"Anak ini berprestasi, kecuali kita mati-matian mengeluarkan dana buat dia dan ternyata dia tidak berprestasi mungkin lain lagi ceritanya. Kita malah menyesal kalau tidak memutuskan sehingga dia gagal masuk F1 hanya karena masalah dana. Anak ini kapasitasnya punya, kemudian kompetensi punya," ujar Wianda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement