Ahad 14 Feb 2016 13:40 WIB

Penyebab Penduduk Miskin Indonesia Terus Bertambah

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nidia Zuraya
Warga miskin di Ibu Kota.    (ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Warga miskin di Ibu Kota. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah penduduk miskin di Indonesia tercatat terus meningkat pada 2015. Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), jumlah penduduk miskin terus meningkat pada 2015, yakni sebesar 11,13 persen atau sebanyak 28,51 juta orang. 

Sedangkan, pada 2014 jumlah penduduk miskin sebesar 10,96 persen atau 27,73 juta orang. Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widianto mengatakan, meningkatnya jumlah penduduk miskin salah satunya dipicu oleh peningkatan harga bahan makanan pokok, khususnya beras. 

"Kalau nggak bisa jaga harga beras maka yang jadi korban itu adalah orang miskin," kata Bambang dalam diskusi di kantor Wakil Presiden, Jakarta.

Naiknya harga beras pun disebutnya memberikan kontribusi yang besar terhadap penurunan daya beli masyarakat miskin. Kondisi ini kemudian menyebabkan angka kemiskinan meningkat.

Lebih lanjut, untuk mengurangi angka kemiskinan masyarakat, pemerintah memiliki dua cara. Yakni, membantu masyarakat untuk keluar dari garis kemiskinan serta mengendalikan harga bahan pangan sehingga garis kemiskinan tak berubah.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement