Jumat 13 Nov 2015 13:58 WIB

Pegiat Bisnis Sosial Berkumpul di Istana Presiden

Istana Presiden
Foto: Republika
Istana Presiden

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menerima pengiat bisnis sosial, kewirausahaan sosial dan industri "start Up" di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/11).

"Tadi Presiden menerima para pebisnis pengguna teknologi yang memberikan implikasi tinggi terhadap masyarakat," kata Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara di Lingkugan Istana Kepresidenan Jakarta.

Rudiantara menuturkan para pelaku bisnis yang memberikan implikasi tinggi terhadap masyarakat, misalnya Gojek yang berdampak terhadap ribuan orang memperoleh pekerjaan dan memiliki sustainable (usaha berkelanjutan). 

Dia menyebutkan beberapa pebisnis sosial yang hadir di antaranya pemilik belanja online atau daring Tokopedia, Traveloka, untuk membicarakan berbagai persoalan bisnis sosial yang belum diatur oleh pemerintah. "(Dalam pertemuan) banyak masukan masalah akses, regulasi, logistik," ungkap Rudiantara.

Lebih lanjut Rudiantara mengatakan bahwa saat ini pelaku bisnis sosial ini mengalami kesulitan logistik, di mana penjualan ke luar negeri lebih mudah dibanding jual di dalam negeri. Untuk itu, kata dia, dalam pertemuan dengan Presiden sepakat untuk membentuk forum para pelaku bisnis sosial untuk memperbaiki ekosistem bisnis online ini, di mana pemerintah akan menyiapkan road map atau peta jalan, termasuk logistik, logistik dan pendanaannya.

"Diprediksi e-commerce pada 2020 akan mencapai 320 miliar dolar AS, maka kita harus perbaiki ekosistemnya," ujar Rudiantara.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement