Jumat 06 Nov 2015 18:26 WIB

Darmin: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Belum Cukup Tinggi

Rep: Satria Kartia Yudha / Red: Djibril Muhammad
Darmin Nasution
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Darmin Nasution

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution belum puas karena pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2015 hanya naik tipis menjadi 4,73 persen dari kuartal II yang sebesar 4,67 persen. Menurut dia, pertumbuhan ekonomi bisa lebih tinggi apabila penyerapan anggaran bisa lebih dipercepat.

"Penyerapan anggaran sudah membaik, tapi belum cukup tinggi sehingga pertumbuhan ekonomi pun membaiknya hanya sedikit," kata Darmin di kantornya, Jumat (6/11).

Salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi kuartal III adalah belanja pemerintah khususnya dalam pembangunan proyek infrastruktur. Konsumsi pemerintah bahkan menjadi kelompok pengeluaran yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi sebesar 6,56 persen terhadap kuartal II.

Badan Pusat Statistik melaporkan konsumsi pemerintah melonjak karena meningkatnya belanja modal sebesar 58,10 persen. "Peningkatan itu belum drastis," ucap Darmin.

Karena itu, Darmin sangat berharap kementerian/lembaga dapat mempercepat penyerapan anggaran pada dua bulan tersisa ini.

Sebab, penyerapan anggaran menjadi kunci penting mendorong perekonomian di tengah rendahnya harga komoditas yang menggerus kinerja ekspor Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement