Rabu 21 Oct 2015 05:44 WIB

Milan Expo Sarana Efektif Counter Isu Negatif

Suasana di dalam ruangan Paviliun Indonesia di Milan Expo.
Foto: Dok Aqua Dwipayana
Suasana di dalam ruangan Paviliun Indonesia di Milan Expo.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN --  Indonesia memanfaatkan Milan Expo di Kota Milan, Italia, untuk  menjelaskan tentang  kebun sawit yang tidak merusak lingkungan. Beberapa tahun terakhir hal tersebut menjadi isu yang hangat terutama di Eropa.

“Sebagai penghasil crude palm oil (CPO) terbesar di dunia, Indonesia sangat  berkepentingan atas hal tersebut.  Jangan sampai berbagai produk Indonesia yang terkait dengan  sawit diboikot di banyak negara,” kata pakar komunikasi Aqua Dwipayana yang saat ini tengah berada di Milan, dalam surat elektroniknya, Selasa  (20/10) pukul 22.30 waktu Milan atau Rabu (21/10) pukul  05.30  WIB.

Aqua menambahkan, Milan Expo merupakan salah satu sarana yang efektif untuk  menjelaskan hal tersebut terutama  ke masyarakat Eropa.

“Sayangnya petugas yang memberikan keterangan tentang hal  itu pemahamannya tentang sawit kurang komprehensif. Akibatnya pelayanan yang diberikan tidak maksimal,” kata Aqua yang datang ke Milan bersama Tim Gerakan Kebaikan Indonesia (GKI).

Aqua mengusulkan kepada pemerintah agar menempatkan orang-orang yang memang ahli di bidangnya dalam mengkonter isu negatif  di luar negeri.

“Jika ingin optimal mengkonter isu negatif yang terkait dengan  Indonesia,  maka serahkan pada  orang-orang  yang memang ahli di bidang tersebut  dan  memiliki kemampuan yang baik untuk mengkomunikasikannya,” papar mantan wartawan yang kini menjadi motivator dan penulis buku itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement