Jumat 21 Aug 2015 06:40 WIB

Menteri Pertanian Tegaskan Stok Ayam masih Aman

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Seorang pria memperhatikan los penjualan ayam yang kosong di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Kamis (20/8).  (Foto : Septianjar Muharam)
Seorang pria memperhatikan los penjualan ayam yang kosong di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Kamis (20/8). (Foto : Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjamin, harga daging ayam akan stabil di bawah Rp 40 ribu per kilogram. Ia bahkan menyatakan, stok ayam di dalam negeri masih aman.

"Jadi nggak ada alasan harga naik, dan masyarakat jangan panik," ujar Amran kepada wartawan di Jakarta, Kamis, (20/8). Ia menambahkan, sebenarnya harga ayam di tingkat peternak pun tak pernah berubah, yakni dari Rp 17 ribu sampai Rp 20 ribu.

Ia bersepakat dengan para ketua asosiasi perunggasan di Indonesia untuk membuat harga daging ayam di pasar kembali stabil. "Harga nggak mungkin sampai Rp 40 ribu ekor per kilogram," tuturnya.

Amran juga menyebutkan, salah satu penyebab naiknya harga daging ayam adalah karena para peternak pulang kampung saat libur lebaran, sehingga tak ada yang memelihara ayam. Dengan begitu stok ayam menjadi berkurang, namun dirinya menegaskan kini stok cukup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement