Rabu 19 Aug 2015 19:23 WIB

Wapres Sebut Industri Otomotif Indonesia Lampaui Thailand

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Wapres Jusuf Kalla mengunjungi stan usai membuka Indonesia Internasional Motor Show ke 10 di JIEXPO, Jakarta, Rabu (19/8).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Wapres Jusuf Kalla mengunjungi stan usai membuka Indonesia Internasional Motor Show ke 10 di JIEXPO, Jakarta, Rabu (19/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan jumlah industri otomotif di Indonesia saat ini telah melampaui pabrik otomotif Thailand yang merupakan negara pabrikan mobil terbesar di Asean. Hal inipun dinilainya wajar sebab Indonesia memiliki penduduk yang besar yang membutuhkan moda transportasi yang baik.

"Ya jumlahnya, ya. Kita sudah lebih tinggi daripada Thailand," kata JK di Jakarta International Expo, Rabu (19/8).

Lebih lanjut, menurut dia, perlambatan ekonomi yang terjadi saat ini pun dapat mempengaruhi penurunan penjualan kendaraan mobil. Namun, penurunan penjualan kendaraan ini juga terjadi di Thailand yang disebutnya justru mengalami penurunan yang lebih tinggi dari Indonesia.

Kalla mengatakan berdasarkan laporan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penurunan penjualan kendaraan mencapai 16-20 persen pada tahun ini.

Dalam acara Indonesia International Motorshow, JK menyempatkan mengelilingi pameran mobil. Menurut dia, industri otomotif saat ini telah mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi.

"Ya ini bagus, ada tentu kita lihat tadi perkembangan daripada baik kemajuan teknologi juga perkembangan dari industri dan juga model-model mobil pada dewasa ini. Itu penting kita ikuti kemajuannya karena industri juga mengikuti teknologi," kata JK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement