Jumat 10 Jul 2015 22:35 WIB

Pengusaha Indonesia Cemaskan Kondisi Cina

Rep: Rizkyjaramaya/ Red: Ilham
 Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (kadin), Suryo Bambang Sulisto
Foto: palingaktual.com/google
Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (kadin), Suryo Bambang Sulisto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Suryo Bambang Sulisto mengatakan, pelaku usaha di Indonesia merasa cemas dengan kondisi perekonomian Cina. Pasalnya, hubungan perekonomian dan perdagangan antara Cina dan Indonesia sangat tinggi.

"Masalah di Cina perlu kita cermati dengan seksama, karena ini akan sangat berdampak ke Indonesia dan ketergantungan ekonomi kita dengan Cina sangat tinggi," ujar Suryo, Jumat (10/7).

Suryo mengatakan, dampak yang dikhawatirkan adalah Cina akan melakukan restrukturisasi sehingga perhatian kepada negara lain berkurang. Tidak menutup kemungkinan, Indonesia juga akan terkena imbasnya. "Kita belum tahu sektor apa saja nanti yang bakal kena, saya pikir bisa saja menyeluruh," kata Suryo.

Suryo berharap, pemerintah Cina bisa segera melakukan stabilisasi sehingga tidak berdampak negatif ke Indonesia. Sementara itu, terkait krisis Yunani, menurut Suryo Indonesia tidak akan terkena dampak karena tidak memiliki ketergantungan ekonomi dengan negara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement