Rabu 08 Jul 2015 13:24 WIB

Jalur Distribusi Pangan Dipastikan Lancar di Momen Mudik

Rep: Sonia Fitri/ Red: Satya Festiani
Suasana aktifitas pedagang Sembako di pasar Tradisonal, Tebet, Jakarta, Selatan, Jumat (26/6).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Suasana aktifitas pedagang Sembako di pasar Tradisonal, Tebet, Jakarta, Selatan, Jumat (26/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CIBITUNG -- Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan jalur distribusi pangan aman dan lancar di momen mudik lebaran 2015. Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam kegiatan peninjauan harga di Pasar Induk Cibitung, Bekasi, pada Rabu (8/7). Ia datang bersama jajaran anggota DPR RI Komisi IV.

"Kita sudah telepon Menteri Perhubungan, khusus untuk distribusi pangan tidak boleh ada antre ataupun penyumbatan," kata Amran di sela-sela kegiatan. Ia pun telah memastikan harga pangan strategis aman jelang tujuh hari lebaran.

Harga pangan di pasar, kata dia, sehat dan terkendali. Hal tersebut ia nilai berkat upaya yang dilakukannya berkoordinasi dengan petani, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, Bulog, DPR dan lembaga terkait lainnya dalam mengendalikan harga. Salah satunya dengan menjaga rantai pasokan pangan dan melakukan operasi pasar.

Mentan telah melakukan pengecekan harga ke sejumlah kios. Hasilnya, diperoleh informasi harga bawang merah Rp 13 ribu per kg. Selain itu, cabai rawit hijau ada di harga Rp 32 ribu, cabai merah Rp 22 ribu dan jengkol Rp 21 ribu, Mentan menargetkan harga bawang merah bisa turun hingga Rp 10 ribu.

Mendampingi Mentan, Ketua Komisi IV DPR RI mengingatkan agar harga jangan sampai terlalu jatuh. Karena bisa berdampak kerugian pada petani. "Saat ini harganya sudah bagus, semoga tetap stabil hingga lebaran dan selanjutnya," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement