Sabtu 04 Jul 2015 09:47 WIB

Perbaikan Irigasi se-Indonesia Butuh Rp 80 Triliun

Irigasi sawah
Foto: antara
Irigasi sawah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dana yang dibutuhkan untuk merehabilitasi jaringan irigasi sekitar tiga juta hektare sekitar Rp80 triliun.

"Untuk mendukung program nawacita ini dibutuhkan dana pembangunan rehabilitasi untuk lima tahun ke depan kurang lebih Rp80 triliun atau kira-kira Rp16 triliun per tahun," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mudjiadi lewat siaran pers, Sabtu (4/7).

Mudjiadi menginginkan Kepala Balai Wilayah Sungai, Dinas Pekerjaan Umum, dan Dinas Pengairan di daerah dapat bersinergi dalam menentukan lokasi daerah irigasi.

Selain itu, ia juga ingin agar pada tahun kedua pemerintahan Presiden Jokowi, pelaksanaan konstruksi dapat dimulai agar dampaknya bisa dirasakan sebelum tahun 2019.

Mudjiadi mengatakan dalam jangka waktu lima tahun ke depan, pihaknya menargetkan harus dapat meningkatkan sekitar 350.000 hektare lahan irigasi.

Target ini lebih rendah dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang menargetkan peningkatkan 9 persen, atau setara dengan perhitungan peningkatkan seluas 650.000 ha

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement