Ahad 28 Jun 2015 20:48 WIB

Genjot Efisiensi, Pertamina Angkut Minyak Mentah dengan Kapal Sendiri

Rep: Saptoandika/ Red: Maman Sudiaman
Kilang minyak, ilustrasi
Kilang minyak, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna meningkatkan efisiensi korporasi, PT Pertamina (Persero)  mengangkut  minyak mentah dari Malaysia. Selama bulan Juni, setidaknya ada tiga kali minyak mentah yang diangkut armada kapal sendiri untuk diolah di Kilang milik Pertamina.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menjelaskan, kapal Pertamina, MT Gamalama, jenis Long Range yang memiliki bobot di atas  80 ribu metric ton pada bulan Juni melaksanakan dua kali pengapalan minyak mentah dar Malaysia, yaitu pada 2 Juni 2015 mengangkut kargo minyak mentah sebesar 576.336 barel dar Terminal Kidurong dan pada 20 Juni 2015 mengangkut kargo minyak mentah  sebesar 600.141 barel dari Terminal Kikeh Malaysia.

Sementar itu, kapal Pertamina lainnya, M Gunung Geulis melaksanakan satu kali pengapalan kargo minyak mentah sebesar 574,812 barel dari Terminal Kikeh, pada 1 Juni 2015. Kapal yang diawaki oleh kru Indonesia tersebut, telah menempuh perjalanan 12 hari dari awal loading sampai akhirnya selesai discharge di pelabuhan khusus RU IV Cilacap.

“Pengapalan minyak mentah dengan kapal milik ke Tanah Air ini merupakan  bukti komitmen Pertamina dalam menjaga pasokan dan ketahanan energi nasional secara efisien,” tegas Vice President Corporate  PT Pertamina  Wianda Pusponegoro di Jakarta, Ahad (28/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement