Selasa 26 May 2015 15:09 WIB

Ini Upaya Kemenperin Dorong Pertumbuhan Industri Dalam Negeri

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Perindustrian, Saleh Husin
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Menteri Perindustrian, Saleh Husin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, industri yang orientasi domestik mengalami penurunan karena permintaan menurun. Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian telah mengambil langkah untuk memberikan insentif sehingga industri yang berorientasi domestik dapat mengakses kebutuhan bahan baku.

"Beberapa langkah telah kami ambil, salah satunya yakni memberikan kemudahan pembiayaan, dan membangun buffer stock," kata Saleh.

Selain itu, Kementerian Perindustrian juga akan berkoordinasi dengan lintas kementerian lainna untuk mendorong pertumbuhan industri.  Selain itu, Kementerian Perindustrian juga mendorong industri menengah besar di dalam negeri agar berorientasi ekspor.

"Semua ini kami lakukan agar industri tetap tumbuh," ujar Saleh.

Menurut Saleh, sejumlah industri tekstil dan sepatu yang merumahkan karyawannya hanya bersifat sementara saja. Pasalnya, di Kuartal I/2015 ini permintaan memang sedang menurun dan pada kuartal II/2015 penyerapan anggaran mulai dilakukan, sehingga diharapkan dapat mendongkrak kembali pertumbuhan industri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement