Senin 18 May 2015 03:50 WIB

Cina Investasikan Miliaran Dolar AS untuk Benahi Brasil

Rep: Dyah ratna meta novia/ Red: Winda Destiana Putri
Bendera Cina
Bendera Cina

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Cina berencana mengivestasikan dana sebesar 50 miliar dolar AS untuk membangun infrastruktur di Brasil.

Perjanjian tersebut akan ditandatangani oleh bank dari kedua negara selama kunjungan Perdana Menteri Cina  Li Keqiang ke Brasil minggu depan.

Dana yang dikucurkan Cina akan digunakan untuk membangun jalur kereta api dari  pesisir Atlantik Brasil hingga ke Pesisir Peru. Pembangunan jalur kereta api ini dilakukan untuk mengurangi biaya ekspor ke Cina. Selain itu dana juga akan digunakan untuk membiayai produksi baja. Saat ini Brasil banyak mengekspor bijih besi ke Cina.

Sekretaris Negara Brasil Jose Graca Lima mengatakan, "Kami harus menunggu sampai akhir kunjungan Perdana Menteri Cina untuk memperluas kerja sama proyek-proyek yang ada," katanya seperti dilansir BBC, akhir pekan lalu.

Ia berharap, dana selain digunakan untuk proyek raksasa jalur kereta api juga untuk proyek-proyek lain. Antara lain proyek produksi spare part mobil, energi, pelabuhan, listrik tenaga air.

Ekonomi di Brasil saat ini merupakan salah satu ekonomi yang pertumbuhannya paling cepat di dunia. Perdana Menteri Cina, selain akan berkunjung ke Brasil juga akan mengunjungi Peru dan Chili.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement