Kamis 14 May 2015 01:06 WIB

Harga Semen Rp 1 Juta di Papua, ini Solusi Pemerintah

Rep: c85/ Red: Dwi Murdaningsih
Pekerja melakukan bongkar muat semen di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Senin (30/3).
Foto: Republika/Prayogi
Pekerja melakukan bongkar muat semen di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Senin (30/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo sempat melontarkan pernyataan bahwa harga semen di Papua bisa melonjak hingga Rp 1 juta per sak semen. Saat itu, Jokowi menyebut, mahalnya semen di Papua karena biaya transportasi yang mahal dari Jawa atau sentra semen di Indonesia bagian barat menuju ke Papua. Berangkat dari pernyataan presiden itulah kemudian Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melakukan penyelidikan.

Menko Maritim Indroyono Soesilo mengungkapkan, saat diselidiki oleh timnya, ternyata harga semen di Jayapura belum lah melonjak tajam. Bila dibandingkan, katanya, harga semen di Jakarta sebesar Rp 50 ribu, sedangkan di Jayapura seharga Rp 80 ribu per sak. Harga mulai mahal, ketika sudah sampai di daerah pelosok seperti Wamena.

"Artinya yang bikin mahal itu dari Jayapura sampai ke Wamena," ujar Indroyono, di kantornya, Jakarta, Rabu (13/5).

Mengatasi hal ini, Indroyono menuturkan, dia memiliki ide untuk mencharter pesawat Hercules milik TNI AU yang mampu mengangkut muatan hingga 13,5 ton atau 13.500 kilogram. Jika semen dari Jayapura ke Wamena diangkut dengan menggunakan Hercules ini maka, ongkos angkutnya sekitar Rp 150.000 per sak.

Jika ide ini terealisasi, maka harga semen di Wamena tidak akan mencapai Rp 1 juta per sak, tetapi hanya Rp 250.000 per sak. "Ini mau saya coba," kata Indroyono.

Ketika ditanya perihal yang menanggung ongkos angkut dengan Hercules, Indroyono menegaskan tentunya pihak swasta yang menanggung. Namun, kemungkinan pemerintah akan menanggung di awalnya. Jika ide ini berjalan, lanjutnya, setidaknya masalah semen di Papua yang mahal bisa teratasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement