Rabu 13 May 2015 16:00 WIB

Ekonomi Prancis Tumbuh 0,6 Persen

Presiden Prancis Francois Hollande.
Foto: Reuters
Presiden Prancis Francois Hollande.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Pertumbuhan ekonomi Prancis melonjak ke tingkat yang lebih baik dari perkiraan 0,6 persen pada kuartal pertama meskipun investasi menurun, angka awal yang dirilis Rabu menunjukkan.

Kantor statistik nasional INSEE telah memprediksi hanya tumbuh 0,4 persen dalam produk domestik bruto (PDB) hingga akhir bulan lalu.

Angka-angka menggembirakan untuk ekonomi terbesar kedua di zona euro itu disambut sebagai "jelas menyenangkan" oleh Menteri Keuangan Michel Sapin. Namun angka pertumbuhan untuk kuartal terakhir tahun lalu direvisi turun sebesar 0,1 poin ke pertumbuhan nol.

Angka pertumbuhan kuartal pertama didorong oleh kenaikan 0,8 persen dalam konsumsi domestik setelah pertumbuhan melemah 0,1 persen pada akhir 2014.

Investasi terus menjadi hambatan pada perekonomian Prancis, jatuh 0,2 persen pada kuartal pertama menyusul penurunan 0,4 persen pada akhir kuartal 2014. Angka-angka menunjukkan ada peluang baik ekonomi Prancis akan tumbuh lebih cepat sepanjang tahun ini daripada estimasi Paris 1,0 persen saat ini.

"Angka pertama ini sangat menggembirakan," Sapin mengatakan kepada wartawan. "Pertumbuhan perspektif kami untuk 2015 hari ini jelas menyenangkan."

Bulan lalu ia berpendapat bahwa Prancis memperkirakan pertumbuhan satu persen selama sepanjang tahun yang beberapa pandang "sebagai tidak realistis beberapa bulan yang lalu, sekarang terlihat seperti minimum."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement