Senin 20 Apr 2015 12:43 WIB

Tiga Kandidat Calon Deputi BI Uji Kelayakan di DPR

Rep: Sonia Fitri/ Red: Satya Festiani
Salah satu calon Deputi Gubernur BI, Doddy Budi Waluyo
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Salah satu calon Deputi Gubernur BI, Doddy Budi Waluyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga kandidat Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) menjalani uji kepatutan dan kelayakan alias fit and proper test di hadapan para anggota Komisi XI DPR RI pada Senin (20/4). Ketiga kandidat tersebut yakni Dody Budi Waluyo, Erwin Riyanto dan Hendy Sulistiowati. Tiga nama tersebut merupakan usulan dari Presiden RI Joko Widodo yang mana salah satu dari ketiga kandidat ini akan menggantikan Halim Alamsyah yang akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Deputi BI pada Juni 2015.

"Ini bagian dari proses pemilihan di mana nama kandidat harus sudah diajukan tiga bulan sebelum jabatan deputi sebelumnya berakhir," kata Deputi Senior Gubernur BI Mirza Aditiaswara. Melalui rangkaian tahapan dan proses pemilihan, kata dia, diharapkan akan didapatkan deputi yang bisa diajak bekerja sama dalam menyiapkan dan mengatur tiga fungsi utama BI.

Tiga fungsi tersebut di antaranya menjaga stabilitas moneter, menjaga stabilitas sistem keuangan dan menjamin terselenggaranya sistem pembayaran keuangan yang andal dan efisien dengan mengupayakan perluasan pembayaran non tunai. Ia pun berharap, kandidat yang nantinya terpilih akan siap dalam menghadapi tantangan kerja BI berbekan integritas dan kompetensi yang dimiliki.

Diagendakan, setelah menjalankan uji kelayakan, DPR Komisi XI akan melakukan pemilihan secara tertutup pada Senin malam (20/4) pukul 19.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement