Senin 20 Apr 2015 12:22 WIB

Ini Profil Kandidat Deputi Gubernur BI Pengganti Halim Alamsyah

Rep: Sonia Fitri/ Red: Dwi Murdaningsih
Halim Alamsyah
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Halim Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga nama kandidat Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) telah terpilih untuk kemudian melakukan uji kelayakan di hadapan anggota DPR RI komisi XI. Ketiganya yakni Dody Budi Waluyo, Erwin Riyanto dan Hendy Sulistiowati.

Kandidat yang pertama melakukan uji kelayakan yakni Dody Budi Waluyo. Ia saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Kepala Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola BI. Dody merupakan lulusan Sarjana Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Indonesia (UI). Setelah itu ia menempuh pendidikan Master of Business Administration and Finance, University of Colorado, Boulder, United States of America.

Menjalankan karier di BI, ia sempat menjabat sebagai Direktur Eksekutif Kepala Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola BI. Dody juga pernah menduduki posisi Direktur Departemen di Departemen Pengelolaan Moneter BI, Direktur di Departemen Internasional BI, Direktur Eksekutif di Departemen Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat dan Direktur Eksekutif di Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Kandidat kedua yakni Erwin Riyanto. Ia merupakan lulusan Sarjana Ekonomi Universitas Gadjah Mada dan Pasca Sarjana University of Illinois USA. Dia pernah menjabat sebagai Direktur Departemen Pengawasan Bank BI, Direktur Perwakilan Singapura BI, dan saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Surveillance Sistem Keuangan.

Kandidat selanjutnya sekaligus yang terakhir yakni Hendy Sulistiowati. Satu-satunya kandidat wanita untuk poaisi deputi gubernur BI tersebut merupakan lulusan Sarjana Studi Pembangunan Universitas Gadjah Mada. Ia kemudian melanjutkan studi ilmu ekonomi  di University of Michigan Ann Arbor USA.

Dalam kariernya di BI, ia pernah melewati sejumlah departemen yakni di antaranya Departemen Pengelolaan Devisa, Departemen Luar Negeri, Departemen Kebijakan Moneter dan sekarang menjabat Direktur Eksekutif Departemen Statistik.

Saat ini terdapat tujuh anggota Dewan Gubernur BI yakni Agus D.W. Martowardojo sebagai Gubernur, Mirza Adityaswara sebagai Deputi Gubernur Senior, Halim Alamsyah sebagai Deputi Gubernur dan tiga posisi Deputi Gubernur lainnya ditempati Ronald Waas, Perry Warjiyo dan Hendar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement