Rabu 10 Dec 2014 19:43 WIB

Menteri Susi: Kemandirian Kunci untuk tak Lakukan Korupsi

Rep: C67/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN—Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, kemandirian merupakan salah satu kunci untuk tidak tergoda melakukan korupsi. Prinsip tersebut yang dipegang Susi selama ini.

Pernyataan Susi itu disampaikan saat menjadi pembicara pada Peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia di hotel Grand Tjokro, Yogyakarta, Rabu (10/12). Menurut perempuan kelahiran 1965 itu, ketidakmandirian membuat seseorang tidak merdeka.

“saya ingin merdeka kalau merdeka bisa berbuat apa saja semaunya,” ujar Susi, Rabu (10/12).

Ia mengatakan dihadapan peserta yang mayoritas perempuan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bahwa kemandirian harus dilakuan dari hal yang terkecil. Prinsip kemandirian, kata Susi, bisa dilakukan oleh ibu-ibu yang bergelut di bidang UKM.

Dalam kesempatan tersebut, Susi sedikit bercerita terkait perjalanannya dalam dunia usaha. Menurutnya, dari pengalaman bisnisnya selama ini hampir tidak mungkin pengusaha tidak melakukan gratifikasi. Hal terjadi, lanjut Susi, karena para pengusaha di Indonesia dalam menjalankan bisnisnya tidak didasari prinsip kemandirian.

Selain itu, sistem yang korup juga dinilai Susi membuat korupsi  di Indonesia sangat luar biasa. Untuk itu, Susi berkomitmen untuk menghilangkan perilaku korup di kementerian yang dipimpinya.

Mengenai maraknya illegal fishing di Indonesia, juga akan menjadi fokusnya ke depan. “ bayangkan kerugian negara dari ikan saja 300 trilun pertahun, 1 kapal bisa mengangkut 600-800 ton,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement