Jumat 16 May 2014 19:00 WIB

Ini Harapan Pelaku Pasar Terhadap Chairul Tanjung

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
Chairul Tanjung
Foto: kampungtki.com
Chairul Tanjung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Chairul Tanjung (CT) sebagai Menteri Koordinator Perekonomian. Pemilik Trans Corp ini menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat Ketua PAN Hatta Rajasa.

Pergantian menteri ini dinilai pelaku pasar tidak berdampak banyak terhadap kondisi perekonomian. "Masa jabatannya hanya beberapa bulan," kata analis Asia Financial Network Agus Susanto, Jumat (16/5).

Ia menilai, pasar mengharapkan adanya kepastian kebijakan oleh pemerintah di sisa masa jabatan saat ini. Pasar mengharapkan tidak ada perubahan kebijakan untuk menghindari sentimen negatif yang akan mengganggu pasar.

CT dilihat tidak terlalu negatif oleh pasar. Dibandingkan nama-nama lain seperti Aburizal Bakrie dan Harry Tanoe, nama CT cukup positif. Posisinya sebagai Ketua KEN memberinya peluang cukup besar sebagai pengganti Hatta.

Agus menambahkan, CT diharapkan dapat menjaga stabilitas ekonomi sampai pergantian pemerintah di akhir tahun. "Pasar mengharapkan CT bisa menjaga makroekonomi. Toh pertumbuhan ekonomi sudah direvisi menjadi lebih rendah," kata Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement