Senin 16 Dec 2013 17:24 WIB

Dubes Austria: Indonesia Jangan Ragu Berikan Subsidi ke Petani

Petani membawa bibit padi untuk ditanam di persawahan.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Petani membawa bibit padi untuk ditanam di persawahan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Duta Besar Austria Andreas Karabaczek mengatakan, Indonesia tidak perlu raga-ragu memberikan subsidi kepada para petaninya karena petani sangat membutuhkan itu.

"Indonesia tidak perlu ragu-ragu memberikan subsidi kepada petani," kata Andreas saat menjawab pertanyaan salah satu peserta forum diskusi duta besar terkait penguatan kelembagaan pertanian di Kampus MB-IPB, Kota Bogor, Senin (16/12).

Andreas mengatakan, negara-negara maju seperti Austria juga masih membutuhkan subsidi dan memberikan subsidi kepada petaninya. Subsidi yang diberikan di Austria saat inipun telah dikembangkan, tidak hanya dalam bentuk dana tunai tapi dalam bentuk pertanian lainnya.

Ia mengatakan, Indonesia harus berinovasi dalam memberikan subsidi kepada petaninya. Misalnya, ia memberi contoh, untuk petani di daerah yang sudah cukup baik atau layak jumlah subsidi diberikan lebih rendah dari petani yang tinggal di kawasan sulit atau minim infrastuktur.

Ia menjelaskan, perjuangan WTO memang menghapuskan subsidi. Bagi negara maju seperti Amerika dan Uni Eropa yang sudah sangat maju pertaniannya tidak menjadi persoalan, tapi berbeda dengan Indonesia dan negara berkembang yang petani membutuhka subsidi. "Karena tanpa subsidi petani tidak dapat bergerak," ujarnya.

Duta Besar Austria untuk Indonesia, Andreas Karabaczek menjadi pembicara kunci dalam forum diskusi duta besar yang diselenggarakan oleh Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian (KSKP-IPB) dan dihadiri sejumlah peserta dari pakar pertanian di IPB, mahasiswa dan swasta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement