Rabu 04 Dec 2013 10:51 WIB

BI Berikan Penghargaan pada Pelapor Devisa

Rep: Satya Festiani/ Red: Nidia Zuraya
Gedung Bank Indonesia
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Gedung Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) memberikan penghargaan kepada pelapor Lalu Lintas Devisa (LLD) dan Devisa Hasil Ekspor (DHE) terbaik. Penghargaan diberikan kepada bank maupun lembaga bukan bank yang menjalankan kewajiban pelaporan LLD dan DHE.

Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan penilaian ditetapkan berdasarkan jumlah dan variasi laporan, kualitas data, kecepatan dan ketepatan penyampaian laporan, serta kerja sama dan kecepatan respons petugas pelapor LLD terhadap permintaan BI. "Ini apresiasi BI kepada pelapor LLD baik dari perbankan, lembaga bukan bank (LBB) dan pelapor DHE," ujar Perry dalam penyerahan penghargaan di Gedung BI, Rabu (4/12).

Kontribusi pencatatan statistik LLD dan DHE yang lengkap, reliable, akurat dan tepat waktu merupakan amunisi yaang diperlukan dalam perumusan kebijakan baik di bidang moneter, makroprudensial dan perbankan maupun sistem pembayaran. Pelaporan yang efektif diharapkan dapat berkontribusi besar pada stabilitas makro ekonomi. Untuk itu, laporan LLD harus dijaga baik kualitas maupun kuantitasnya secara lengkap, benar dan tepat waktu.

Sementara itu, pelaporan DHE dilatarbelakangi oleh kebutuhan BI dan pemerintah untuk mendapatkan data yang lebih baik mengenai pasokan valuta asing (valas). Data tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga stabilitas nilai tukar. "Supply dan demand valas dipengaruhi seberapa besar hasil ekspor yang masuk ke neraca perdagangan maupun seberapa besar yang masuk ke pebankan," ujar Perry.

Jumlah eksportir yang melaporkan DHE-nya meningkat dari tahun ke tahun. Sedangkan, jumlah eksportir yang dikenai penangguhan ekspor menurun. Sampai triwulan III-2013, sebanyak 84 eksportir yang dikenakan penangguhan pelayanan ekspor, lebih sedikit dari triwulan sebelumnya.

Perry mengatakan dari pengalaman krisis 1997-1998, data DHE sangat terbatas. Hal tersebut menyulitkan dalam merumuskan kebijakan dan penanganan krisis. "Mudah-mudahan, kita sekarang bisa lebih baik dalam melakukan pencegahan krisis," ujar dia.

Berikut para penerimaa penghargaan pelapor terbaik LLD dan DHE:

1. Eksportir Pelapor DHE

PT Adaro Indonesia

PT Intibenua Perkasatama

PT Siix Electronics Indonesia

PT Nitori Furniture Indonesia

2. Pelapor Bank Rincian Transaksi Ekspor (RTE) The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia PT Bank Mizuho Indonesia Standard Chartered Bank PT Bank Danamon Indonesia

3. Pelapor LLD-LBB

PT Garuda Indonesia Persero, Tbk

PT Trimegah Securities, Tbk

PT Chevron Pacific Indonesia

PT Binasawit Abadi Pratama

PT Indo Bharat Rayon

4. Pelapor LLD-Utang Luar Negeri

PT Summit Oto Finance

PT Indochemicals Citra Kimia

PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills

PT Indika Inti Energi

PT Sumber Indah Perkasa, Tbk

5. Pelapor LLD Bank

Citibank

CIMB Niaga

Deutsche Bank

PT Bank Internasional Indonesia, Tbk

PT Bank Permata, Tbk

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement