Kamis 12 Sep 2013 18:58 WIB

Kadin Soroti Defisit Perdagangan Karena Impor Pangan

Stok beras di gudang Bulog Divre Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Stok beras di gudang Bulog Divre Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan prihatin atas defisit perdagangan di Tanah Air yang justru dipicu oleh salah satunya impor berbagai komoditas pangan.

Kepirhatinan itu menjadi salah satu rekomendasi dalam Rapat Koordinasi Nasional Kadin Indonesia yang digelar di Jakarta, Kamis."Para peserta menunjukkan keprihatinan sangat tinggi pada defisit perdagangan yang justru juga dipicu oleh impor berbagai komoditi pangan," kata Ketua Rakornas Kadin Indonesia Nur Achmad Affandie.

Pihaknya menyatakan sebetulnya Indonesia memiliki potensi dan kapasitas produksi yang besar, seperti garam, kedelai, bawang, cabai, serta daging.

Oleh karena itu, ia menambahkan, saatnya kini jajaran Kadin akan aktif dan fokus menyusun dan melaksanakan program-program mengembangkan potensi dan kapasitas dalam negeri untuk memangkas berbagai defisit yang tidak pantas terjadi.

"Seluruh utusan Kadin Provinsi dan ALB Kadin Indonesia menyoroti kondisi dan perkembangan perekonomian nasional yang dinilai semakin mengarah pada suatu kondisi krisis seperti tahun 1998," katanya.

Ia berpendapat, berbagai defisit yang terjadi dewasa ini berpotensi mengulangi kriris pada dasawarsa terakhir menjelang tutup abad lalu.

Defisit neraca perdagangan, neraca pembayaran dan defisit APBN jika berlanjut akan memicu kriris yang mungkin akan lebih luas dari krisisi 1998."Kasus BLBI bisa terjadi lagi, bahkan dalam skala yang lebih besar dan lebih luas," katanya.

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kadin 2013 pada 12 September 2013 diselenggarakan untuk mendengarkan dan menampung aspirasi dari Kadin Provinsi dan Asosiasi dan Himpunan Anggota Luar Biasa (ALB) Kadin Indonesia.

Pada kesempatan itu, hadir 19 wakil dari Dewan Pengurus Kadin Provinsi dan 14 Pengurus Luar Biasa Kadin Indonesia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement