Senin 22 Jul 2013 16:49 WIB

Impor Cabai dan Bawang Merah Tiba Lewat Jalur Laut

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Nidia Zuraya
Harga Cabai Melonjak
Foto: Antara
Harga Cabai Melonjak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengatakan bahwa impor produk hotikultura cabai rawit dan bawang merah akan tiba di Indonesia akhir Juli 2013 atau sebelum Idul Fitri melalui jalur laut.

Gita menjelaskan, akhir-akhir ini terjadi cuaca kemarau yang sangat basah sehingga panen untuk produk-produk pertanian termasuk cabai rawit dan bawang merah tertunda atau gagal di beberapa titik. Hal itu yang memaksa pihaknya untuk melakukan importasi bawang merah dan cabai rawit.  ‘’Insya Allah produk cabai rawit dan bawang merah akan tiba sebelum idul fitri melalui jalur laut,’’ katanya melalui pesan singkat yang diterima ROL, Senin (22/7).

Gita menjelaskan, impor cabai rawit  yang dialokasikan selama periode Juli-Desember 2013 sebanyak 9.715 ton. Pengiriman pertama akan datang sekitar 1.000 sampai 1.500 ton sebelum akhir Bulan Juli 2013. Kemudian alokasi impor bawang merah sekira 17 ribu ton dan akan didatangkan sekitar 4 ribu sampai 6 ribu ton di akhir Juli 2013. 

Gita berharap peningkatan pasokan ini dapat menstabilkan harga secara cepat sebelum hari raya Idul Fitri. Selain iu apabila cuaca membaik dan ada kerja sama maka dapat membantu stabilisasi harga produk-produk yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement