Senin 27 May 2013 17:20 WIB

Perbankan Dukung 'Green Financing'

Rep: Satya Festiani/ Red: Nidia Zuraya
OCBC NISP
OCBC NISP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perbankan mendukung pembiayaan untuk sektor perekonomian ramah lingkungan (green financing). Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung berkembangnya green financing. OJK juga mendorong lembaga keuangan di Indonesia melakukan pembiayaan terhadap sektor perekonomian ramah lingkungan.

Presiden Direktur PT OCBC NISP Tbk, Parwati Surjaudaja, mengatakan sudah menjadi kewajiban bank untuk mendukung usaha yang ramah lingkungan. "Sudah merupakan syarat kami juga dalam mengevaluasi usaha, misalnya dengan permintaan laporan dampak lingkungan," ujar Parwati, Senin (27/5).

Untuk saat ini, OCBC NISP belum memiliki program khusus untuk pembiayaan proyek sektor perekonomian ramah lingkungan yang misalnya bertujuan untuk menghemat energi. Namun, OCBC NISP menangani di level kebijakan dimana pembiayaan harus kepada proyek yang ramah lingkungan.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk juga mendukung pembiayaan untuk sektor ramah lingkungan. "Kita dukung saja untuk lingkungan yang lebih baik," ujar Direktur Keuangan Bank Danamon, Vera Eve Lim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement