Kamis 23 May 2013 16:11 WIB

Lagarde Mulai Jalani Sidang Kasus Korupsi

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Christine Lagarde.
Foto: Guardian.co.uk
Christine Lagarde.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Ketua Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde tiba di pengadilan Paris untuk memberi jawaban atas pembayaran kontroversial kepada seorang taipan saat dia masih menjabat sebagai menteri keuangan Prancis. 

Lagarde akan diminta menjelaskan tentang penanganannya pada kasus 2007 dimana sekitar 400 juta euro dibayarkan kepada Bernard Tapie. Dia dapat masuk dalam investigasi resmi atas keputusannya untuk menggunakan arbitrase dalam penyelesaian konflik pengadilan antara negara dan Tapie. 

BBC, Kamis (23/5) melaporkan kasus tersebut terjadi mulai dari 1993 ketika Tapie menjual sahamnya di perusahaan olahraga Adidas kepada Credit Lyonnais. Segera setelah bank menjual saham tersebut untuk keuntungan tinggi, Tapie mengklaim telah ditipu. 

Pada 2007, mantan presiden Prancis Sarkozy meminta kementrian keuangan untuk bertindak dalam kasus tersebut dan menggunakan arbitrase. Tapie memenangkan kasus tersebut dan mendapat pembayaran yang lebih besar dari yang bisa disediakan pengadilan.

Lagarde tidak dituduh mendapatkan untung dalam pembayaran tersebut. Namun, dia dituduh telah menyalahgunakan dana publik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement