Rabu 17 Apr 2013 18:19 WIB

Hatta: Yang Umumkan Kebijakan BBM Menteri ESDM

Rep: Esthi Maharani/ Red: Mansyur Faqih
Hatta Rajasa
Foto: Agung Fatma Putra
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebijakan tentang BBM akan segera diumumkan. Rencananya, pengumuman akan dilakukan oleh Menteri ESDM, Jero Wacik. 

Menko Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan keputusan terkait BBM pasti akan dilakukan secepatnya. Ia mengatakan landasan kebijakan tersebut akan tertuang dalam bentuk Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM. 

"Itu ESDM. Ketentuannya diputuskan dalam rapat kabinet kemudian diumumkan oleh ESDM. Itu ketentuannya. Keppres-nya begitu," katanya, Rabu (17/4). 

Menurutnya, segala sesuatu terkait BBM harus benar-benar dimatangkan. Hal itu bukan berarti ada kendala. Tetapi, perlu pengujian dan simulasi. 

Apalagi kebijakan BBM memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian secara keseluruhan. Karena itu, perlu ada kehati-hatian, akurasi, dan pemetaan SPBU di Tanah Air. "Akhir bulan secara teknisnya siap," katanya. 

Mengenai kompensasi yang diberikan, Hatta mengatakan bentuknya bukan lagi BLT seperti dulu. Yang jelas, subsidi pada kendaraan pribadi diberikan kepada masyarakat tidak mampu yang tercermin dari angkutan hingga nelayan. Sedangkan masyarakat yang dikategorikan mampu subsidinya dikurangi, bukan dicabut seluruhnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement