Jumat 04 Jan 2013 07:23 WIB

Menkeu Sambut Baik Kesepakatan Jurang Fiskal

Menkeu Agus Martowardojo
Menkeu Agus Martowardojo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyambut baik kesepakatan antara pemerintah dan Kongres Amerika Serikat untuk menghindari jurang fiskal, karena dapat membawa dampak positif bagi perekonomian global.

"Jurang fiskal memang lebih baik dihindari," ujarnya, Kamis (3/1). Menurut Agus, saat ini kondisi perekonomian di Eropa belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Apabila masalah jurang fiskal tidak ditemukan kesepakatan, maka situasi ini makin berdampak negatif bagi kondisi global. Namun, ia memperkirakan kondisi dalam negeri Amerika yang membaik ini hanya bersifat sementara.

Untuk itu, Menkeu terus mengingatkan agar ekonomi Indonesia terus menyiapkan diri terhadap kemungkinan terburuk krisis."Sebetulnya kita belum melihat bahwa permasalahannya sudah lewat, karena banyak yang disetujui bersama dengan Kongres itu sifatnya penundaan dan tentu hal ini mesti diwaspadai," ujarnya.

Menkeu mengatakan hal yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan daya tahan perekonomian nasional adalah memastikan adanya iklim investasi dan sarana infrastruktur memadai untuk mendukung pembangunan.

"Kita harapkan Indonesia bisa betul-betul fokus kepada inisatif-inisiatif untuk menumbuhkan ekonomi Indonesia yang inklusif dan effort yang besar," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement