Ahad 01 Apr 2012 06:59 WIB

Kadin Lahirkan Asosiasi Pembimbing 'Pasukan Penghalau Krisis'

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Didi Purwadi
Kadin
Foto: www.pipimm.or.id
Kadin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatihan dan bimbingan wirausaha harus semakin dikembangkan. Kadin Indonesia membidani lahirnya asosiasi pembimbing wirausaha.

Pemerhati UMKM daerah, Zulkarnain Arief, mengungkapkan UMKM harus diberikan pelatihan dan bimbingan agar lebih berkembang. “Jika terus dibiarkan begitu saja, mungkin keadaannya akan tetap kecil saja dan tidak mengalami peningkatan," ujar dia dalam acara pembentukan Asosiasi Pembimbing Wirausaha Kadin di Jakarta.

Zulkarnain menginginkan agar profesi pembimbing ini bisa menjangkau ke daerah seluruh Indonesia. Menurut dia, sudah seharusnya basis ekonomi tidak lagi di pusat. Tapi, basis ekonomi harus dilakukan di daerah untuk menunjang perekonomian nasional.

Ia menuturkan UMKM mengambil peran sebagai solusi pengurangan pengangguran. Sehingga, jumlah pelaku UMKM harus dapat ditingkatkan. "Mereka adalah pasukan penghalau krisis. Jadi, hal yang perlu ditingkatkan tidak hanya dari jumlahnya saja,'' katanya. ''Tetapi, kapabilitasnya dalam mengembangkan usaha juga harus ditingkatkan.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement