Selasa 21 Jun 2011 17:58 WIB

Impor Sapi Dihentikan, Peternak Lokal Bergairah

Rep: A.Syalaby Ichsan/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,KUTAI -- Menteri Pertanian, Suswono, mengungkapkan peternak sapi lokal mengalami gairah baru sejak adanya suspensi impor sapi Australia. Pasalnya, tutur Suswono, harga sapi lokal bangkit dari keterpurukan dengan adanya suspensi tersebut.

"Sebenarnya kalau dilihat suspen ini membuat peternak ada gairah baru. Dilihat dari harga sapi lokal yang tadinya jatuh mengalami tren meningkat,"ujar Suswono usai menghadiri gladi resik pekan nasional XIII petani-nelayan, di Kutai Kartanegara, Kaltim, Selasa (21/6).

Akan tetapi, Suswono menegaskan pemerintah kini berada pada posisi menunggu kebijakan Pemerintah Australia yang terlebih dahulu menutup keran impor. Menurutnya, saat ini tim ahli dari kedua negara sedang terjun ke lapangan untuk memverifikasi mana rumah potong yang dinilai layak untuk menampung sapi Australia.

Tentang kedatangan Menteri Pertanian Australia, Joe Ludwing ke Indonesia, kemarin, Suswono mengungkapkan menteri pertanian australia itu berharap masalah penghentian pemotongan sapi ini bisa secepatnya diselesaikan.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Australia untuk menyelesaikan masalah tersebut. "Itu kan urusan Australia. Silakan mereka yang memulai kami pada posisi nunggu,"tegasnya. (

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement