Sabtu 24 Dec 2016 14:32 WIB

Harga Cabai Rawit Rp 70 Ribu per Kg

Pedagang menata cabai rawit dagangannya di Pasar Larangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (17/3).
Foto: Antara/Umarul Faruq
Pedagang menata cabai rawit dagangannya di Pasar Larangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (17/3).

REPUBLIKA.CO.ID, NGAWI  -- Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, terus mengalami kenaikan menjelang hari Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Saat ini, harga cabai rawit mencapai Rp 70 ribu per kilogram.

Suwarni, pedagang sayuran di Pasar Besar Ngawi, Sabtu mengaku kenaikan harga yang cukup tinggi tersebut terjadi dalam dua hari terakhir. "Dua hari lalu harga cabai rawit masih di kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 55.000 per kg. Namun, sekarang sudah mencapai Rp 70 ribu per kg," ujarnya, Sabtu (24/12).

Sementara harga cabai keriting dan cabai merah cenderung stabil, namun masih tergolong tinggi, yakni cabai keriting dan merah harganya berkisar antara Rp 40 ribu hingga Rp 55.000 per kg, tergantung kualitas.

Ia menjelaskan, tingginya harga cabai rawit tersebut karena pasokan dari sentra produksi terbatas akibat stok yang langka. Tingginya curah hujan menyebabkan sebagian petani gagal panen hingga stok yang dimiliki petani juga berkurang.

"Pasokan cabai dari petani berkurang, sehingga stok yang dimiliki pedagang di pasar tradisonal juga sedikit. Akibatnya, harga cabai naik," katanya.

Selain pasokan yang berkurang, minimnya stok tersebut juga disebabkan pedagang mengurangi jumlah kulakannya karena takut rugi. Kondisi yang sama terpantau di Pasar Caruban Baru, Caruban, Kabupaten Madiun. Harga komoditas cabai rawit juga naik di kisaran Rp 65 ribu hingga Rp 68 ribu per kg. Hal itu karena permintaan pasar tidak sesuai dengan jumlah stok yang menipis.

"Cabai rawit sudah mencapai Rp 68 ribu per kg, bahkan ada yang jual Rp 70 ribu per kg Sedangkan cabai merah dan keriting mencapai Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu per kg," kata pedagang sayuran di Pasar Caruban Baru, Suyatno.

Para pedagang memprediksi harga cabai masih akan tinggi seiring memasuki musim hujan yang dapat berdampak pada hasil panen petani. Sementara harga komoditas bumbu-bumbuan lainnya juga terpantau tinggi, seperti bawang putih mencapai Rp 33 ribu per kg, bawang merah Rp 35 ribu per kg.

Selain bumbu-bumbuan, harga sayuran juga terpantau tinggi, misalnya kentang seharga Rp 14 ribu per kg, tomat Rp 7.000 per kg, wortel Rp 8.000 per kg, kubis Rp 11 ribu per kg, dan buncis Rp 10 ribu per kg.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement