Ahad 09 Jan 2011 10:24 WIB

Menkeu Anggap Biasa Pelemahan IHSG

Rep: shally pristine/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah tidak khawatir dan menganggap biasa aksi lepas modal dari investor asing yang mengakibatkan anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 2,8 basis poin.

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo mengatakan, sejauh ini pihaknya tetap memperhatikan dan mewaspadai aktivitas para pemodal ini. Sikap percaya diri ini berangkat dari stabilnya kondisi saat ini dan proyeksi perekonomian sepanjang 2011. "Secara umum kondisi neraca pembayaran bagus, fiskal bagus, keuangan bagus, FDI (foreign direct investment) permintaannya baik sekali," katanya kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Dia menegaskan, tindakan sejumlah investor melepas modal sekitar Rp 1,5 triliun terbilang wajar dilakukan di awal tahun. Mengingat, umumnya institusi libur di masa pergantian tahun kemudian melakukan sedikit penyesuaian begitu mulai beraktivitas efektif.

Menurut dia, tindakan tersebut berasal dari analisis investor tersebut terhadap kondisi pasar dan portfolio yang akan mereka lakukan. Dia percaya, aksi lepas ini bukanlah awal dari pelarian modal ke luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement