Kamis 23 Dec 2010 07:07 WIB

Terminal II Bandara Juanda Siap Dibangun

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Johar Arif
Bandara Juanda, Surabaya
Bandara Juanda, Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-PT Angkasa Pura I (AP I) siap membangun Terminal II Bandara Juanda, Surabaya. Terminal ini memanfaatkan eks terminal lama dan apron selatan bandara. Terminal II ini akan dipergunakan untuk melayani penerbangan internasional, sekaligus didedikasikan untuk maskapai Garuda Indonesia.

"Rencana pembangunan ini merupakan quick win (langkah cepat) untuk mengatasi kekurangan kapasitas terminal," kata Direktur Utama AP I, Tommy Soetomo, usai penandatanganan Piagam Kesepakatan Bersama antara AP I dengan TNI AL di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (22/12).

Terminal II akan dibangun seluas 35 ribu meter persegi untuk menampung setidaknya empat juta penumpang per tahun. Sehingga, total kapasitas Bandara Juanda menjadi 10,5 juta penumpang per tahun dari 6,5 juta saat ini. ‘’Sementara penumpang yang ada mencapai 10,8 juta per tahun, bahkan di akhir tahun diprediksi 11 juta penumpang," ungkap Tommy.

Dia berharap dalam waktu 11 bulan ke depan Terminal II ini bisa direalisasikan. Dengan begitu, keterbatasan kapasitas terminal satu (T1) bisa diatasi. Tommy menyebutkan dana yang dianggarkan untuk Terminal II sekitar Rp 400 miliar yang berasal dari kas AP I.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement