Kamis 02 Dec 2010 11:55 WIB

Garuda Diharapkan Buka Penerbangan Indonesia Eropa

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN--Perusahaan Garuda Indonesia diharapkan membuka jalur penerbangan Indonesia-Eropa untuk mempermudah wisatawan asing ke daerah itu, kata Ketua Asosiasi Agen Perjalanan dan Wisata Indonesia Sumatra Utara, Sholahuddin Nasution.

"Garuda Indonesia perlu membuka jalur penerbangan Medan-Eropa karena memiliki peran sentral," katanya, di Medan, Rabu. Ia menjelaskan, sebagai maskapai penerbangan terkemuka Garuda Indonesia memiliki peran penting untuk menarik perhatian wisatawan asing, khususnya ke Sumatra Utara.

Sholahuddin mengatakan, peran sentral itu juga salah satunya disebabkan jangkauan Garuda Indonesia yang beroperasi baik lintas negara maupun provinsi, sehingga memudahkan langkaH para wisatawan ke Sumatra Utara.

Menurut dia, selama ini sektor pariwisata di Indonesia termasuk Sumatra Utara, banyak berharap pada limpahan wisatawan setelah berlibur dari Singapura. Padahal, katanya, jika penerbangan Indonesia-Eropa dibuka maka bisa membawa para wisatawan mancanegara, langsung ke berbagai objek wisata di Indonesia.

Untuk itu, pihak Garuda Indonesia perlu mendukung upaya pengembangan sektor wisata di Indonesia, dengan membuka jalur penerbangan baru itu.

"Membangun pariwisata harus lintas sektoral, sehingga masing-masing pihak memiliki peran untuk mengembangkan pariwisata Indonesia," katanya. Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Sudarno juga memionta agar maskapai membuka jalur penerbangan langsung Eropa-Medan, sehingga memudahkan para wisatawan berkunjung ke Sumatra Utara.

"Jalur itu sangat bagus bila dibuka, seperti dibukanya jalur penerbangan Amsterdam-Jakarta cukup menggembirakan Sumut karena jarak Medan-Jakarta sudah dekat," katanya.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement