Ahad 07 Nov 2010 03:39 WIB

Kemendag Bantu Perbaikan Pasar di Mentawai Rp 1 M

Rep: shally pristine/ Red: Djibril Muhammad
Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu
Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Kementerian Perdagangan (Kemendag) membantu perbaikan dua pasar yang rusak di Mentawai akibat bencana gempa dan tsunami. Kedua pasar tersebut yaitu Pasar Ibu Tuapejat di Kecamatan Sipora Utara dan Pasar Sioban di Kecamatan Sipora Selatan.

Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu mengatakan, selain perbaikan fasilitas pasar, pihaknya juga mengucurkan dana untuk perbaikan dan penataan fasilitas sentra produksi di daerah bencana agar ekonomi bisa pulih kembali.

"Kemendag akan mengalokasikan sekitar Rp 1 miliar untuk membantu pembiayaan perbaikan infrastruktur pasar di daerah bencana Kepulauan Mentawai," katanya seperti tertera dalam keterangan pers yang diterima Republika, Sabtu (6/11).

Selain menganggarkan perbaikan infrastruktur perdagangan, Kemendag juga memberikan sumbangan 100 tenda ukuran besar dan uang Rp 175 juta. Sumbangan tersebut berasal dari urunan pegawai Kemendag dan partisipasi beberapa mitra.

Sumbangan tersebut diserahkan Mari kepada Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim. Penyerahan tersebut turut disaksikan Menhan Purnomo Yusgiantoro dan Menristek Suharna Surapranata, yang kebetulan tengah melakukan kunjungan kerja ke Padang.

Dalam kunjungan tersebut, Mari juga meninjau Pasar Siteba, Padang yang mendapatkan anggaran tugas perbantuan sebesar Rp 1 miliar. Kunjungan dilanjutkan ke Pasar Tanah Kongsi, Padang yang sedang direnovasi usai gempa pada 30 September 2009.

Untuk perbaikan akibat gempa pada 2009 tersebut, Kemendag memberikan tugas pembantuan 2010 untuk revitalisasi pasar di Kota Padang sebesar Rp 1 miliar dan di Kota Pariaman Rp 2 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement