Rabu 13 Oct 2010 06:34 WIB

Penguatan Rupiah Bersifat Sementara

Rep: thr/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Penguatan rupiah yang  berada di level Rp 9 ribu per dolar AS  masih bersifat sementara mengingat masuknya aliran dana cukup besar dari luar negeri. "Artinya memang masuknya dana dari luar membuat kita punya currency cenderung membuat kita  punya pasar modal meninggi. Likuditas kita juga tinggi. Tapi semua ini sifatnya temporer, dan kita yakin akan tetap berada di kisaran  Rp 9 ribuan " ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Selasa (12/10).

Menurut Agus, meski aliran masuk cukup deras dan rupiah menguat tapi pemerintah meyakini balance of payment Indonesia masih sehat, begitu pula kondisi perbankan masih cukup baik. Sementara  penerapan kebijakan fiskal cukup kompetitif dan aman.  "Itu adalah daftar-daftar utama untuk kita meyakini bahwa kalau  dana masuk ke Indonesia, itu tetap dalam kondisi aman dan baik. Dan itu yang kita lakukan," ujarnya.

Terkait dengan kemampuan Bank Indonesia, Agus menilai, kebijakan BI soal penempatan SBI menjadi satu bulan merupakan bentuk  untuk lebih menjaga agar masuknya dana ke Indonesia ke posisi yang lebih jangka panjang. "Bukan yang pendek-pendek saja," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement