Selasa 29 Aug 2023 10:24 WIB

Pengamat: Rupiah Menguat Seiring Indeks Saham Asia Bergerak Naik

Pelaku pasar disebut sedang optimis dengan aset berisiko hari ini. 

Petugas menghitung uang dolar AS dan uang Rupiah di salah satu kantor cabang bank di Jakarta, Selasa (16/8/2022).
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Petugas menghitung uang dolar AS dan uang Rupiah di salah satu kantor cabang bank di Jakarta, Selasa (16/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra menyatakan penguatan rupiah diiringi indeks saham Asia yang bergerak naik dan nilai tukar regional menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Sentimen pagi ini mendorong penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini. Indeks saham Asia terlihat bergerak naik dan nilai tukar regional menguat terhadap dolar AS di pagi ini. Sebelumnya, indeks saham AS dan Eropa ditutup menguat," ujar dia dikutip Antara, Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Baca Juga

Pelaku pasar disebut sedang optimis dengan aset berisiko hari ini. Yield obligasi pemerintah AS yang sedang menurun juga memicu pelaku pasar untuk mengambil posisi di luar dolar AS.

"Pernyataan Powell (Ketua Dewan Gubernur The Fed Jerome Powell) soal ekonomi AS yang bertumbuh mungkin memicu pelaku pasar masuk ke aset berisiko," kata Ariston.

Di sisi lain, pasar masih mewaspadai pelambatan ekonomi yang sedang terjadi di China. Pelambatan ekonomi China terlihat dari Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur yang berkontraksi, penurunan ekspor dan impor, dan terjadi deflasi yang berarti permintaan (demand) menurun.

Selain itu, pasar turut mewaspadai perubahan kebijakan suku bunga tinggi AS yang berkaitan erat dengan data ekonomi AS terbaru. The Fed dinyatakan masih membuka peluang suku bunga AS naik dengan pertimbangan dari data-data terbaru AS, seperti data inflasi dan data tenaga kerja.

"Potensi penguatan (rupiah) ke arah Rp 15.230–Rp 15.250, dengan resisten di kisaran Rp 15.330," ungkapnya.

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi menguat 0,10 persen atau 16 poin menjadi Rp 15.276 per dolar AS dari sebelumnya Rp 15.292 per dolar AS.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement