Rabu 15 Sep 2010 02:10 WIB

Tahun 2014, Rel KA Jalur Utara Gunakan Dua Lajur

Rep: My1/ Red: Siwi Tri Puji B
Kereta api, ilustrasi
Kereta api, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO—Kementerian Perhubungan memproyeksikan pembangunan rel Kereta Api (KA) double track sepanjang jalur utara Pulau Jawa selesai pada 2014 mendatang. Dengan pembangunan rel tersebut memungkinkan adanya penambahan kapasitas KA sehingga diharapkan dapat mengurai kemacetan selama mudik Lebaran.

“Rel double track jalur utara, kita targetkan selesai 2014 sehingga kapasitas kereta bisa ditingkatkan karena alokasi rangkaian bisa ditambah," ujar Wakil Menteri Perhubungan RI, Bambang Susantono ketika melakukan pengecekan kesiapan transportasi di Stasiun Jebres, Solo, Selasa (14/9).

Penambahan rel double track tersebut, ujarnya, terkait dengan usaha Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk meningkatkan kapasitas transportasi massal. Diakui Bambang, kemacetan selama arus mudik Lebaran disebabkan banyaknya pemudik yang membawa kendaraan pribadi. “Untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, jumlah yang jalan harus diseimbangkan dengan yang naik angkutan umum, “ terangnya.

Diakuinya, kapasitas KA terutama kelas ekonomi sampai saat ini belum memadai. “Kelas ekonomi masih berdesak-desakan," kata Bambang. Itu sebabnya, pihaknya akan mangadopsi managemen tiket KA Bisnis dan Eksekutif dalam pengelolaan KA ekonomi, termasuk penambahan fasilitas seperti AC dan toilet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement