Kamis 09 Sep 2010 01:46 WIB

Tiga Sekuritas BUMN Jadi Penjamin Emisi Bank Mandiri

Rep: Agung Budiono/ Red: Budi Raharjo
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jelang penawaran umum terbatas atau right issue PT Bank Mandiri Tbk, saat ini dipastikan tiga perusahaan sekuritas BUMN yakni, PT Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Bahana Sekuritas akan menjadi penjamin emisi pelaksana (underwriter).

“Dipastikan tiga sekuritas nasional itu masuk, karena ketiganya tengah menampilkan kinerja yang bagus setelah sebelumnya juga telah melakukan pekerjaan yang baik sekali,” kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (8/9).

Saat ditanyakan soal siapa penjamin emisi lainnya, Mustafa menuturkan, pihaknya saat ini masih memproses. “Sedang dalam proses, tentang hal itu tanya pak M. Yasin (Deputi Privatisasi dan Restrukturisasi Kementrian BUMN). Namun, secara prinsip (right issue) Bank Mandiri akan berbarengan dengan IPO PT Krakatau Steel di tahun ini juga,” tukasnya.

Seperti diketahui, Bank Mandiri menyatakan, saat ini tengah menyeleksi delapan perusahaan sekuritas untuk menjadi penjamin emisi (underwriter) rencana rights issue. Sebelumnya, Direktur Keuangan Bank Mandiri, Pahala N Mansury menyatakan, dari jumlah delapan perusahaan sekuritas tersebut kebanyakan merupakan perusahaan dalam negeri, namun ada juga yang berasal dari luar negeri. "Kebanyakan lokal, tapi luar juga ada. Anak usaha kita (Mandiri Sekuritas) juga ikut daftar," katanya.

Pahala menjelaskan, nantinya sekuritas yang terpilih nanti akan bersama-sama perseroan menentukan international selling agent. Agen penjual di luar negeri ini ditunjuk untuk menawarkan rights issue perseroan ke investor luar negeri. "Target dana kami cukup besar, yaitu Rp 14 triliun. Dana ini tidak akan bisa dipenuhi hanya oleh investor dalam negeri,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement