Sabtu 28 Aug 2010 00:19 WIB

Investor Relokasi Pabrik Sepatu dari Taiwan ke Jombang

Rep: Shally Pristine/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG--Pabrik sepatu asal Taiwan direlokasi ke Jombang, Jawa Timur, dengan nilai investasi sekitar 10 juta dolar AS. Pabrik sepatu itu berlabel 'Uniqueness'.

Presiden Direktur PT Uniqueness Sepatumas Indonesia, Jimmy Angesti mengatakan, dari nilai investasi tersebut pihaknya akan mampu memproduksi satu juta pasang sepatu per bulan pada awal tahun depan. ''Sekarang baru 300 ribu pasang per bulan, nanti secara bertahap akan ditingkatkan menjadi 1,5 juta pasang per bulan,'' katanya di sela kunjungan kerja Menteri Perindustrian MS Hidayat, Jumat (27/8)..

Bila telah mencapai kapasitas produksi optimal, Jimmy memperkirakan pabriknya bisa menyerap hingga 8.000 tenaga kerja. Peningkatan produksi menuju kapasitas optimal, kata dia, masih terhalang prosedur di bea cukai. ''Mesin kami banyak tertahan di sana, masuk jalur merah terus,'' jelasnya.

Saat ini, kata Jimmy, pihaknya mengerjakan pesanan dari dua prinsipal: Hush Puppies dan Payless asal Amerika Serikat. ''Harga jual ke Prinsipal per pasangnya antara 4-5 dolar AS untuk sepatu PVC dan 20-an dolar AS untuk sepatu kulit,'' ungkapnya. Ke depan, prinsipal lain yaitu Wal Mart sedang menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Uniqueness.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement