Jumat 30 Jul 2010 02:34 WIB

Menko: Demi Tekan Harga, Operasi Pasar akan Terus Digelar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan pemerintah terus memantau perkembangan harga-harga kebutuhan pokok menjelang bulan puasa. "Kita memonitoring terus harga-hagra dan langsung melakukan operasi pasar jika ada kecenderungan harga naik," kata Hatta Rajasa di Jakarta, Kamis (29/7).

Menurut dia, operasi pasar akan terus dilakukan begitu ada kecenderunga harga naik. "Operasi pasar terus dilakukan dan tidak perlu menunggu ada gap 10 persen," katanya.

Menurut Hatta, pemerintah juga mempercepat penyaluran beras untuk rakyat miskin (raskin) khususnya bagi pemda-pemda yang sudah siap. Hatta juga menyebutkan bahwa berdasar monitoring beberapa hari terakhir, harga-harga kebutuhan pokok sudah menunjukkan kecenderungan turun.

"Harga cabai sudah mendekati stabil, walaupun masih ada kenaikan tapi trennya tidak terlalu meningkat," katanya. Sementara itu mengenai harga beberapa jenis beras yang naik, Hatta mengatakan, yang mengalami kenaikan adalah beras-beras premium.

"Makanya ada pemikiran agar Bulog melakukan operasi pasar beras premium. Namun ini masih kita pikirkan karena tentu itu memerlukan perlakuan yang pas. Tapi secara umum harga beras masih terkendali," kata Hatta.

Sementara itu mengenai penarikan tabung gas tiga kg, Hatta mengatakan, hal itu sudah ditangani oleh Kementerian Koordinator Bidang Kesra. "Tapi kita semua para menteri konsen agar masyarakat menggunakan tabung aman. Mereka harus dipastikan tahu cara menggunakan, tahu resiko, jadi kita sosialisasikan terus-menerus," katanya.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement