Selasa 27 Jul 2010 23:39 WIB

Mendag Jamin Stok Bahan Pokok Cukup

Rep: Shally Pristine/ Red: Siwi Tri Puji B
Ilustrasi
Foto: .
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah menjamin stok kebutuhan bahan pokok cukup untuk memenuhi peningkatan permintaan pada Ramadhan dan Lebaran. Menteri Perdagangan (Mendag), Mari Elka Pangestu mengatakan, masyarakat tidak perlu cemas mengenai pasokan bahan pangan. "Pemerintah pusat dan daerah akan terus berkoordinasi guna mengantisipasi kemungkinan adanya kenaikan harga bahan pokok," katanya.

Mendag mengatakan, setiap menjelang Ramadhan dan Lebaran, harga-harga bahan pokok memang mengalami kenaikan. Dari tahun ke tahun, tren menunjukkan momen Ramadhan dan Lebaran selalu mempengaruhi harga kebutuhan bahan pokok karena ada peningkatan kebutuhan hingga 20 persen menjelang puasa dan lebaran.

Lonjakan permintaan sesaat ini, menurut Mendag masih wajar dan biasanya terjadi sebelum Ramadhan hingga H+3 Lebaran. "Kami juga akan terus menggerakkan pemerintah daerah untuk secara intensif melaksanakan pemantauan terhadap ketersediaan, distribusi dan harga bahan pokok di daerah setempatnya,” ucapnya.

Mendag mengatakan pihaknya akan mengintensifkan kunjungan pasar dalam rangka memantau ketersediaan, distribusi dan perkembangan harga bahan pokok masyarakat baik di pusat maupun di daerah. Sementara untuk Operasi Pasar beras perlu dilakukan di daerah-daerah yang menunjukkan kecenderungan kenaikan harga tanpa harus menunggu kenaikan hingga mencapai 10 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement