Kamis 15 Jul 2010 05:02 WIB

Prospek Investasi di Indonesia Cukup Positif

Rep: Cepi Setiadi/ Red: Budi Raharjo
Gita Wirjawan
Foto: Pandega/Republika
Gita Wirjawan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Prospek pertumbuhan investasi Indonesia pada 2010 dinilai cukup positif. Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan, optimistis Indonesia akan semakin dilirik investor dengan diterapkannya berbagai kebijakan yang memudahkan dan memberikan kenyamanan investor dalam melakukan investasi di Indonesia.

Salah satunya, kata Gita, adalah dengan disahkannya UU Pertanahan dan UU Tenaga Kerja dalam waktu dekat ini. ''Kalau bisa gol pada tiga bulan ke depan kedua UU ini, maka ini akan menambah nilai untuk menarik investasi yang luar biasa di Indonesia,'' kata Gita di sela-sela acara seminar bertema 'Kebijakan Penanaman Modal di Indonesia' di Jakarta Rabu (14/7).

Gita mengungkapkan, UU Pertanahan ini merupakan kunci untuk bisa mendatangkan investor, karena ada Keppres. Meski demikian,  kata Gita, UU itu masih bisa ditantang di judicial review. ''UU ini sudah disosialisasikan dan saat ini BPN sudah bisa membahasnya,'' kata Gita.

Sementara itu untuk UU Tenaga Kerja, menurut Gita, selama ini agak discouraging bagi siapapun yang berinvestasi di Indonesia. ''Namun sekarang sudah bisa disiasati. Kita masih semangat untuk bisa mengobati kesalahan-kesalahan yang lalu,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement