Rabu 14 Jul 2010 18:09 WIB

Defisit Anggaran AS Menyusut

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Defisit besar-besaran anggaran Amerika Serikat menyusut lebih dari seperempat pada Juni, dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, Departemen Keuangan mengatakan pada Selasa. Mengumumkan 21 bulan berturut-turut pemerintah menghadapi kekurangan anggaran, Departemen Keuangan mengatakan, defisit itu telah melampaui satu triliun dolar sejak 1 Oktober, ketika tahun fiskal 2010 dimulai.

Pemerintah Federal mengalami defisit lebih dari 68 miliar dolar pada Juni, kurang dari 27 persen dari Juni 2009, tetapi masih tinggi untuk bulan yang biasanya melihat pendapatan pajak tinggi. Awal bulan ini Dana Moneter Internasional mendesak Amerika Serikat untuk mengendalikan gelembung defisit anggaran.

Di tengah kegelisahan bahwa tingkat pengangguran yang tinggi mungkin mendorong resesi double-dip, IMF memperingatkan masalah utang muncul jika tindakan tidak diambil. "Tantangan utama adalah untuk mengembangkan strategi fiskal yang kredibel untuk menjamin bahwa utang publik diletakkan - dan terlihat untuk diletakkan - pada jalur yang berkelanjutan tanpa menempatkan pemulihan dalam bahaya," kata IMF dalam laporannya.

Presiden Barack Obama berusaha untuk menangani kepedulian tersebut sebelumnya pada Selasa, ketika ia mengumumkan pencalonan Wakil Menteri Luar Negeri Jacob Lew ke pos kabinet kunci direktur anggaran, isyarat kepada para pemilih ia bermaksud mengatasi defisit AS yang menganga. "Jika ada Hall of Fame untuk direktur anggaran, maka pasti Jack Lew akan mendapat tempat untuk jasanya dalam peranannya di bawah Presiden Clinton, ketika ia membantu menyeimbangkan anggaran federal setelah bertahun-tahun defisit," kata Obama.

"Ketika Jack meninggalkan pos di akhir pemerintahan Clinton, dia menyerahkan kepada pemerintahan berikutnya, rekor surplus anggaran 236 miliar dolar," Obama mengatakan. "Pada hari saya mulai menjabat, delapan tahun kemudian, Amerika menghadapi rekor defisit 1,3 triliun dolar."

Defisit anggaran AS, yang Gedung Putih peringatkan awal tahun ini bisa mencapai 1,555 triliun dolar, telah muncul sebagai isu politik besar dan mengancam untuk mengganggu rencana reformasi ambisius Obama. Pada pertemuan puncak baru-baru ini Kelompok 20 ekonomi terkemuka di Toronto, Obama berjanji untuk membagi dua defisit dalam waktu tiga tahun.

Pada Juni, total utang total AS melampaui 13 triliun dolar untuk pertama kalinya dalam sejarah - hampir 90 persen dari produk domestik bruto - di tengah pengeluaran besar pemerintah untuk membantu ekonomi keluar dari resesi.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement