Rabu 07 Jul 2010 03:00 WIB

Menkeu Optimis Penerimaan Pajak Capai 100 Persen

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Budi Raharjo
Agus DW Martowardojo
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Agus DW Martowardojo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Keuangan, Agus DW Martowardojo, optimistis target penerimaan pajak sampai dengan akhir tahun ini dapat tercapai 100 persen. Hal ini mengingat membaiknya penerimaan pajak pada semester pertama jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut Agus, penerimaan pajak Indonesia sampai dengan 30 Juni 2010 sudah mencapai sekitar 45,2 persen. Jumlah ini merupakan angka yang baik karena diatas dua persen dibandinkan periode yang sama pada tahun lalu. ''Jadi ini menunjukkan kita berada pada kondisi cukup aman, untuk bisa mencapai target akhir tahun 100 persen,'' ujarnya di Jakarta.

Sekadar catatan sebelumnya Direktorat Jenderal Pajak merilis Realisasi penerimaan pajak sampai semester I-2010 (diluar migas) senilai Rp 263 triliun dari proyeksi penerimaan di 2010 sebesar Rp 661 triliun plus PPh migas. Jika ditambah dengan PPh migas maka realiasasi sekitar Rp 264,1 triliun. Sementara total target penerimaan perpajakan (ditambah bea cukai) pada APBN P 2010 sebesar Rp 743,3 triliun.

Menkeu mengatakan, penegakan pajak akan dilakukan dengan dua cara, yakni melalui intensifikasi dengan mengoptimalkan Wajip Pajak (WP) yang sudah ada dan ekstensifikasi atau menggali kembali potensi-potens WP baru. ''Jadi kita kalau seandainya presiden sangat mengimbau untuk kita mengandalkan pada penerimaan dalam negeri, itu pasti kita ingin meningkatkan penerimaan pajak, non pajak dan Sumber Daya Alam,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement