Selasa 22 Jun 2010 07:04 WIB

Menkeu: Selangkah Lagi Indonesia Masuk Peringkat "Investment Grade"

Menkeu Agus Martowardojo
Foto: Republika
Menkeu Agus Martowardojo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan pemerintah akan terus menjaga sistem moneter dan fiskal agar langkah perekonomian Indonesia menjadi lebih baik. Ia mengatakan hal tersebut saat ditemui di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin malam, dalam menanggapi revisi lembaga pemeringkat internasional, Moody's, yang menaikkan prospek kredit Indonesia dari stabil menjadi positif.

"Ini jadi catatan yang baik bagi progress Indonesia semoga bisa menjadi sinyal untuk menuju investment grade," ujarnya. Menurut dia, dengan kinerja yang terus membaik, cadangan fiskal memadai dan pengelolaan fiskal dengan baik, diharapkan Indonesia dapat segera mencapai investment grade seperti pada 1997.

Lembaga pemeringkat internasional, Moody's merevisi prospek (outlook) sovereign credit rating (peringkat kredit) Indonesia dari stabil menjadi positif.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Hartadi A. Sarwono dalam siaran persnya, mengharapkan momentum positif tersebut dapat terus terjaga dalam upaya pencapaian target "investment grade".

Hartadi mengatakan beberapa hal lain yang mendukung peningkatan peringkat Indonesia menjadi "investment grade" antara lain fundamental makro ekonomi yang terjaga, rasio utang pemerintah yang terus menurun serta dukungan kebijakan fiskal yang berhati-hati serta kelancaran reformasi struktural.

Analis utama Moody's untuk Indonesia, Aninda Mitra dan Thomas J Byrne mengatakan kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah besarnya pasar domestik yang dikelola secara tepat dalam kerangka kebijakan ekonomi dan telah teruji dengan baik.

Dua analis Moody's itu juga menilai ketidakstabilan di beberapa pasar utang Eropa tidak berimplikasi serius terhadap fundamental kredit di Indonesia dan tetap pada tren yang membaik.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement