Selasa 08 Jun 2010 02:35 WIB

Benahi Pajak, Menkeu Minta Dukungan DPR

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Budi Raharjo
Menkeu Agus DW Martowardojo
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Menkeu Agus DW Martowardojo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Keuangan, Agus DW Martowardojo, meminta anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memberikan kepercayaan kepadanya untuk membenahi masalah perpajakan. Hal itu disampaikannya setelah Ditjen Pajak berulangkali mendapatkan tekanan dari DPR soal penanganan berbagai kasus pajak yang tidak kunjung tuntas.

''Saya tidak ingin miskomunikasi, kita minta dukungan DPR, I need your trust,'' pinta Agus, saat rapat Panja Perpajakan, di Jakarta, Senin (7/6),

Agus mengatakan, penanganan berbagai kasus pajak tetap menjadi prioritas yang harus diselesaikan. Tugas itu sudah menjadi amanah yang diembankan kepada dirinya. Namun, kata dia, jangan sampai penyelesaian ini membuat pegawai Kementerian Keuangan khususnya di Ditjen Pajak menjadi risih bekerja.

''Ada 31 ribu pegawai pajak hampir setengah pegawai Kementerian Keuangan, karenanya jangan sampai ini jadi tangkap sehingga membuat mereka (pegawai) jadi tidak produktif,'' ucapnya.

Harus diakui, penerimaan negara mayoritas berasala dari perpajakan. Menurutnya penerimaan negara dari sektor perpajakan terus mengalami peningkatan secara signifikan. ''Pada tahun 2004 penerimaan perpajakan baru Rp 240 triliun, namuan sekarang pada tahun 2009 sudah mencapai Rp 640 triliun. Ini menunjukan adanya performancen pada Ditjen Pajak,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement