Kamis 03 Jun 2010 04:26 WIB

Garuda Kembali Mendarat di Amsterdam

Rep: Fitriyan Zamzami/ Red: Budi Raharjo
Pesawat Garuda
Foto: Zarqoni Maksum/Antara
Pesawat Garuda

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Maskapai nasional, Garuda Indonesia, akhirnya secara resmi tiba kembali di Eropa melalui Bandar Udara Schipol, Amsterdam, Belanda, Rabu (2/5). Direncanakan, ke depan Garuda akan mengunjungi juga sejumlah kota-kota besar di Eropa.

Pesawat Airbus A330-200 dengan tujuan Amsterdam tersebut bertolak pukul 21.00 WIB dan tiba di Amsterdam tepat pukul 8 waktu setempat. Sebelum mendarat di Belanda, pesawat singgah dulu di Dubai. Sebanyak 222 penumpang diangkut oleh pesawat tersebut, di antara Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar, Duta Besar Kerajaan Belanda di Indonesia Nicholas Van Dam, dan Duta Besar Uni Eropa di Indonesia, Julian Wilson. Ada juga beberapa anggota dewan dan petinggi Garuda.

Saat tiba di Bandara Schipol, pesawat Airbus milik Garuda langsung disemprot dengan tiga armada pemadam kebakaran di salah satu bandara terbesar di Eropa ini. Hal ini adalah bentuk sambutan dari pengelola Bandara Schipol. Rombongan Indonesia juga disambut oleh dua gadis berpakaian tradisional Belanda.

Menteri Negara BUMN dalam sambutannya sebelum pesawat bertolak mengatakan penerbangan ini adalah lompatan besar bagi Garuda. Ia juga mengatakan penerbangan kembali ke Eropa ini adalah hasil kerja keras Garuda dalam merestrukturisasi perusahaan. Penerbangan ini diharapkan bisa menjadikan Jakarta tujuan utama bagi pelancong dan pengusaha dari Eropa.  ''Jakarta diharapkan jadi pintu gerbang menuju Asia Tenggara dan Australia,'' harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement