Kamis 20 May 2010 18:14 WIB

Pengusaha Perhatikan Respons Pasar Atas Agus Martowardojo

REPUBLIKA.CO.ID,MAGELANG--Kalangan pengusaha mulai memperhatikan secara seksama respons pasar atas penunjukan Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono setelah seminggu pertama mendatang, kata Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Magelang, Edy Sutrisno.

"Kami lihat reaksi seminggu kedepan, apakah indikasi pasar saham menguat atau melemah, kurs mata uang rupiah kalau anjlok berarti respons dari luar tidak percaya. Kalau dua indikator itu setelah seminggu ternyata menguat, berarti Pak Agus bisa diterima semua kalangan," katanya di Magelang, Rabu malam.

Presiden SBY pada Rabu malam mengumumkan penunjukan Agus Martowardojo sebagai Menkeu menggantikan Sri Mulyani yang mulai Juni 2010 menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Agus Martowardojo sejak tahun 2005 hingga saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri.

Selain itu, Presiden juga menunjuk Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Anny Ratnawati, sebagai Wakil Menteri Keuangan.

Ia mengemukakan, respons pasar selama seminggu pertama ini atas Menkeu Agus Martowardojo masih bersifat spontan sehingga belum bisa menjadi ukuran yang kuat apakah figur itu diterima atau ditolak oleh pasar."Biasanya fluktuasi itu seminggu pertama, seperti waktu Sri Mulyani mengundurkan diri, langsung ada reaksi rupiah anjlok dan seminggu berikutnya stabil. Biasanya gejolak spontan pasar uang dan saham minimal satu minggu," katanya.

Jika setelah seminggu pertama ternyata pasar uang terus terkoreksi, katanya, kalangan pengusaha biasanya mengambil langkah ekstrem.  Pada kesempatan itu ia juga menilai, figur Agus Martowardojo dengan latar belakang pengamalan yang banyak di dunia perbankan sudah dikenal secara baik oleh pasar."Terutama dikenal oleh pasar dalam negeri, kami menunggu kiprah Pak Agus," katanya.

Secara politik, kata Edy yang juga anggota DPRD Kota Magelang itu, keputusan Presiden menunjuk Agus Martowardojo sebagai Menkeu wujud kompromi atas berbagai kepentingan politik terutama koalisi partai pendukung pemerintah."Karena Pak Agus bisa diterima semua kalangan politisi dibandingkan dengan sejumlah nama yang sebelumnya disebut-sebut bakal menggantikan Sri Mulyani," katanya.

Ia mengharapkan semua kalangan menerima dan mendukung pelaksanaan tugas berat yang akan dijalankan Agus Martowardojo sebagai Menkeu yang baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement