Senin 03 May 2010 21:01 WIB

Rupiah pagi Melemah 12 Poin

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin pagi (3/5) turun 12 poin menjadi Rp9.022-Rp9.032 per dolar, dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.010-Rp9.020, karena pelaku pasar kembali melepas mata uang Indonesia.

Pengamat pasar uang, Edwin Sinaga di Jakarta, Senin mengatakan, pasar uang pagi ini didominasi aksi lepas rupiah akibat melemahnya saham-saham di bursa regional.

Selain itu, Bank Indonesia (BI) tetap mengawasi pergerakan rupiah agar tidak tetap berada di atas angka Rp9.000 per dolar, katanya.

Biasanya, menurut Edwin, pelaku pasar pada awal pekan membeli rupiah, apalagi arus modal asing ke pasar saham masih terjadi.

Pelaku pasar melepas rupiah cenderung hati-hati sehingga koreksi harga terhadap rupiah tidak begitu besar, karena mereka menunggu apakah ada faktor positif yang mendorong untuk kembali membeli rupiah, katanya.

Faktor utama yang mendorong pelaku menunggu, lanjut dia, karena Bank Indonesia (BI) kemungkinan masih menetapkan suku bunga acuan (BI Rate) tetap berada di level 6,5 persen.

Hal ini akan mendorong pelaku asing tetap menempatkan dananya di pasar uang maupun di pasar saham, karena selisih bunga rupiah terhadap dolar tetap tinggi, katanya.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement