Rabu 07 Apr 2010 02:58 WIB

Investor Asing Dominasi Investasi

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Budi Raharjo
Kepala BKPM Gita Wirjawan
Foto: Pandega/Republika
Kepala BKPM Gita Wirjawan

JAKARTA--Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memproyeksikan pertumbuhan investasi pada kuartal I 2010 dapat tumbuh dua digit dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Namun, pertumbuhan itu lebih banyak didorong oleh masuknya modal asing, dibanding investor domestik yang skalanya lebih rendah.

Kepala BKPM, Gita Wirjawan, mengatakan pemodal asing masih mendominasi investasi langsung di Tanah Air dibandingkan investor domestik yang skalanya jauh lebih rendah. ''Biasanyakan perbandingannya 10 banding 3, asingnya 10, domestiknya 3. Tapi, saya minta waktu 1-2 minggu lagi untuk mengungkap data investasi,'' ujarnya, di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa (6/4).

Gita mengakui, aliran modal masuk dalam tiga bulan pertama 2010 lumayan besar. Bentuknya dalam investasi portfolio maupun investasi langsung. Soal angka pastinya belum bisa diungkap untuk saat ini. Tetapi, secara nominal realisasi investasi langsung tidak jauh berbeda dengan kapitalisasi modal di pasar keuangan atau investasi portfolio yang jumlahnya mencapai 260 miliar dolar AS.

''Kalau investasi portofolio fluktuatif dengan indeksnya 2.800. Paling kapitalisasi pasarnya 260 miliar dolar AS. Saya rasa kuartal pertama ini tidak kalah dari portfolio. Belum ada angka pastinya tapi positif terjadi kenaikan,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement